Home / Khazanah / Belajar Teknik Menulis Al Qalqasyandi (Bagian 2)

Belajar Teknik Menulis Al Qalqasyandi (Bagian 2)

Belajar Teknik Menulis Al Qalqasyandi (Bagian 2- Selesai)

Al Qalqasyandi juga merumuskan daftar lainnya dalam karya berbeda yaitu Maqamah dan beberapa karya penting lain. Ia menyatakan, salah satu profesi kesekretariatan yang paling prestisius dan menjanjikan adalah sekretaris negara.

Seorang sekretaris negara memiliki peran yang sangat penting dalam memelihara kelancaran sistem administrasi dan kearsipan. Sehingga hanya orang-orang yang terbaik dan memiliki kemampuan lebih yang bisa menduduki jabatan sebagai sekretaris negara.

Selain itu, sekretaris negara juga berperan sebagai kepala kantor administrasi dan kearsipan, serta sebagai orang kepercayaan penguasa. Dia menegaskan masalah tersebut dengan mengatakan bahwa katib adalah lidah penguasa atau juru bicara penguasa. Semakin menarik kata-kata yang sering diucapkan seorang katib atau sekretaris negara, maka semakin besar pengaruhnya dalam pemikiran masyarakat. Menurut dia, ini akan mengerek pula prestise penguasa yang menjadi atasannya.

Al Qalqasyandi mengatakan, pentingnya kedudukan sekretaris negara, seorang penguasa baik sultan, khalifah, atau amir harus cermat dalam memilih orang untuk menduduki jabatan sebagai sekretaris negara atau mengepalai dewan sekretariat negara. Biasanya, kata Al Qalqasyandi, pertimbangan mereka untuk menentukan seseorang di jabatan itu adalah pertimbangan kemampuan dalam tata bahasa dan penulisan, bukan gelar kebangsawanan.

Sumber: Khazanah,Republika; 19 April 2018

About Kukuh

Check Also

Hikmah Berkuda, dari Obat Autis sampai Strok

Hikmah Berkuda, dari Obat Autis sampai Strok Allah SWT menegaskan dalam Alquran Surat Al-Anfal (8) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *